Cara bisa menabung meski gaji kecil

Cara bisa menabung meski gaji kecil

Seorang karyawan seringkali masalah gaji masih menjadi problema utama. Gajian tak begitu besar adalah pangkal masalah yang kemudian bisa merembet kemana-mana, terlebih lagi bagi yang sudah berkeluarga gaji yang pas-pasan seringkali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga boro boro untuk menabung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun kadang masih sulit jika anda termasuk orang yang memiliki Gaji pas-pasan jangan khawatir jika ingin menabung, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap bisa menabung walau keci.

Yang pertama bisa menabung meski gaji kecil dengan menghindari jajan makanan mahal. sekali waktu anda boleh jajan makanan atau berwisata kuliner namun, jika Anda memang memiliki niat untuk menyisihkan gaji untuk menabung cobalah untuk memangkas uang jajan makan Anda tidak semuanya Hindari saja jajan makanan mahal atau Jika anda ingin jajan makanan agendakan saja dalam 1 bulan 1 kali atau dua kali misalnya, selebihnya Anda bisa masak di rumah agar lebih hemat, usahakan mengkreasi makanan ketika masuk di rumah agar semuanya juga tidak bosan, dan tentunya tidak kalah dengan makanan di luar.

Yang ke2 mengendalikan kebiasaan belanja anda. Jika anda memiliki kebiasaan belanja maka anda harus bisa mengendalikan diri mulai saat in.i jangan habiskan gaji anda hanya untuk tunggu Hanya untuk belanja sesuatu yang tidak anda perlukan jangan membeli sesuatu yang anda inginkan namun belilah sesuatu yang diperlukan saja atau jika memang ingin belajar sesuatu Tunggu saja pada mesin mesin diesel atau diskon. Untuk menghindari kebablasan dalam belanja biasakan ketika menerima gaji segeralah menyisihkan beberapa persen untuk dialokasikan sebagai Uang belanja.

Yang ke3 jangan terlalu banyak ambil uang di ATM. Ini termasuk tips yang ampuh untuk mencegah pengeluaran uang yang tak terkendali, jadi Usahakanlah ambil uang di ATM seperlunya saja, jangan sampai lebih, karena ketika anda memegang uang berlebih keinginan untuk membelanjakan uang tentu semakin besar dan keringanan ini seringkali sulit untuk di Bandung maka, dari itu Anda bisa mengontrol diri anda ketika sedang mengambil uang di ATM.

Yang ke4 memanfaatkan transportasi umum. Saat ini banyak sekali pilihan transportasi umum yang nyaman, sebut saja Basuki atau ojek online. Anda bisa memanfaatkan itu untuk sedikit menghemat dan menyisihkan uang untuk ditabung, tidak usah gengsi menggunakan transportasi umum jika memang faktanya bisa mengurangi pengeluaran Anda, atau Anda bisa memperbanyak jalan kaki ke tempat yang jarang dekatl tidak bisa dipungkiri bahwa kita kadang memang terlalu manja untuk sekedar membeli sesuatu yang dekat saja kita menggunakan motor padahal tanpa kita sadari menggunakan motor ini akan menambah biaya hidup anda karena membutuhkan BBM.menabung

Yang ke5 jalan-jalan hanya saat perut kenyang. Coba tips unik ini Jika anda ingin keluar atau sekedar jalan-jalan cobalah ketika perut sudah kenyang, jangan biasakan berbelanja atau berjalan-jalan dalam keadaan lapar, karena mata Anda nantinya akan menuju ke arah camilan saja, dan tentu saja ini akan menambah pengeluaran anda ketika anda mampir ke restoran atau rumah makan, maka dari itu Usahakan ketika keluar dari rumah perut dalam keadaan kenyang sehingga tidak mudah tergoda dengan berbagai macam makanan yang ada di luar, atau Anda bisa membuat bekal sendiri dari rumah jika memang sekedar ingin makan di luar.

yang ke-6 Buatlah skala prioritas berbelanja. Ini penting untuk anda lakukan cobalah membuat skala prioritas dalam anggaran belanja bulanan Anda, artinya Anda harus bisa memilih mana yang memang sangat perlu untuk segera berbelanja mana yang bisa ditunda terlebih dahulu, ini akan sangat memudahkan anda dalam mengatur keuangan anda untuk sedikit ditabung meski mungkin gaji anda sangat minim, biasanya yang paling penting adalah kebutuhan primer anda maka dari itu utamakan yang primer terlebih dahulu baru kemudian bisa memikirkan yang lainnya.

Yang ke-7 bawa uang pas saat bepergian. Tips ini sangat efektif bagi banyak orang untuk mengurangi pengeluaran mereka banyak orang yang sering mengalami tanda kutip kecelakaan dalam pengeluarannya membeli sesuatu yang tidak direncanakan sehingga pengeluaran menjadi lebih besar, ketika akan berbelanja cobalah untuk membawa uang pas sesuai dengan perkiraan barang yang akan dibeli atau melebihkan sedikit, selain itu coba juga meninggalkan kartu ATM anda di rumah sehingga tidak mudah untuk mengeluarkan lebih banyak uang, memang pada awalnya akan terasa merepotkan tapi bila kita sudah terbiasa berbelanja sesuai dengan rencana maka target untuk berhemat akan lebih mudah untuk dilakukan.

Yang ke-8 memisahkan dana darurat sejak awal. Setiap kali habis gajian sebaiknya Anda langsung memisahkan sebagian uang untuk dana darurat atau untuk pengeluaran tak terduga, jumlahnya tidak harus besar dan disesuaikan dengan gaji anda, penggunaan dana darurat ini pun harus bijak gunakanlah hanya pada momen-momen yang benar-benar mendesak.

yang ke-9 membuka rekening khusus tabungan. Pisahkan rekening tabungan dan rekening untuk operasional anda. dengan begitu Anda bisa mengetahui Berapa dana yang bisa digunakan dalam sebulan dan tidak punya alasan untuk mengambil tabungan setiap kali habis gajian transfer sebagian uang anda ke rekening tabungan untuk memudahkan mengelola uang untuk operasional, ada baiknya untuk tidak membawa kartu ATM atau buku tabungan Anda ini untuk mencegah niat anda untuk menggunakannya sewaktu-waktu.

yang ke-10 bisa menabung meski gaji kecil bila disiplin dan konsisten. Perlu kita ingat juga kedisiplinan dan konsistensi akan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam mengelola keuangan jika kita konsisten dan disiplin melakukan tips tadi sudah pasti dalam waktu 1 tahun Anda akan memiliki tabungan yang cukup besar. Intinya adalah Anda harus bisa berhemat dan mengubah gaya hidup anda dari yang berlebihan menjadi lebih sederhana dan bersahaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *